Jumat, 25 Oktober 2013

Plus Minus Mobil Bensin Versus Solar






Terkadang kita akan membuat keputusan untuk membeli mobil bekas dengan bahan bakar solar atau bensin, dan jika ini membuat anda bingung maka saya akan membahas tips tentang kelebihan dan kekurangan mobil berbakar bensin dan solar. Semoga dengan Artikel yang akan saya bahas ini membuat anda yang mencari mobil mempertimbangkan aspek – aspek ini.

Kelebihan Mesin Diesel
mesin diesel
·         Mobil yang memiliki mesin Diesel, biasanya lebih tangguh dalam jarak tempuh. Dan untuk bepergian jauh pun mobil bermesin diesel sangat hemat, karena sedikit mengkonsumsi bahan bakar sehingga lebih efisien.
·         Mesin Diesel memberikan torsi bawah lebih besar dan sangat berguna ketika kita sedang menempuh medan off road. Torsi ini menjadi bagian pentng karena di saat kita berada di medan off road, kita tidak tahu kapan dan dimana mobil kita mengalami kerusakan, dengan adanya torsi inikita bisa menarik kendaraan yang rusak atau menarik mobil yang terjebak di jalan non aspal.
·         Bahan Bakar Solar mudah di dapatkan baik di SPBU dalam kota dan luar kota.
·         Pertimbangan lain tentag bahan bakar adalah, bahan bakar diesel tidak mudah terbakar dan aman bagi kita yang memiliki mobil bermesin diesel.
·         Kita tidak perlu takut saat melintas di kondisi jalan yang banjir dan bahkan saat hujan lebat sekalipun, karena ruang mesin diesel tidak ada komponen elektrikal dstributor.
·         Mesin Diesel dikenal sangat bandel, dimana jika kita melakukan perawatan dengan benar, maka daya tahaan mesin diesel ini akan sangat kuat dan tahan lama.

Kelemahan Mesin Diesel
·         Kelemahan Mesin Diesel ini adalah pada suaranya, suara mesin yang lebih berisik dari pada mesin berbahan bakar Bensin
·         Injektor pada mesin Diesel jika terkena air atau tercampur air akan mengakibatkan jenis partikel lainnya akan bermasalah, itu disebabkan karena delivery valve di bagian injection pump akan tersumbat.
·         Akselerasinya mesinnya memiliki respon lambat, diaman kita tidak bisadengan mudah mendahului mobil yang tepat berada di depan kita.
·         Pajak pada mobil yang bermesin Diesel sangat mahal dari pada mesin bensin, karena semua mobil ber mesin diesel memiliki kapasitas mesin rata – rata 2000 cc.
·         Tingkat polusi yang di buat oleh mobil bermesin diesel ini sangat besar, karena pada saluran pembuangan tidak di lengkapi dengan filter untuk menyaring pembuangan.

Kelebihan Mesin Bensin
mesin bensin
·         Dalam Akselerasi mobil bermesin Bensin ini jauh lebih unggul, karena mesin jauh lebih responsif. Sehingga jika kita akan mendahului kendaraan lain dapat dengan mudah kita lewati.
·         Suara yang dihasilkan mobil ini sangat lembut, pada saat kita start atau menyalakannya hingga melakukan akselerasi.
·         Spesifikasi mesin yang mudah dipahami, dimana ketika mobil ini rusak atau mogok di tengah perjalanan kita bisa mengetahuinya.
·         Banyak pilihan mobil berbahan bakar bensin relatif banyak.

Kelemahan Mesin Bensin
·         Torsi maksimal hanya akan di dapatkan pada tingkat putaran mesin tinggi.
·         Bahan Bakar bensin lebih mudah terbakar, dan ini sangat berbahaya karena jika ada kebocoran sedikit saja pada selang bensin, tangki bahan bakar atau karburato akan mengakibatkan kebakaran.
·         Mesin bensin yang sangat rentan terkena air atau banjir, membuat mobil ini menjadi sangat rentan akan kerusakan.
·         Bursa Mobil bekas tanah air biasanya harga jual lebih terjangkau atau boleh di bilang harganya ak turun secara drastis.



Terima Kasih sudah membaca artikel saya ini, dan semoga bermanfaatsilahkan buka automobilpro.blogspot.com untuk melihat artikel dunia otomotif
Facebook Twitter Google+

Back To Top